Wednesday, November 12, 2008

MENGENALI CARA BELAJAR ANAK

Setiap Anak mempunyai kepandaian dalam bidang tertentu. Tantangan bagi guru dan orang tua adalah mengetahui kepandaian anak ada di bidang apa. Daripada menjuluki atau melabeli anak, lebih baik kita fokus pada kekuatan mereka, termasuk pada kelemahan-kelemahan mereka. Ada 7 bidang yang harus dikuasi semua anak yaitu mengendalikan perhatian, ingatan, bahasa, pemikiran sosial, fungsi motor, spatial dan aturan sequential dan pemikiran yang lebih tinggi (yang mencakup logika, memecahkan masalah dan kreatifitas).

Menguasai semua bidang ini bisa membuat anak-anak dapat menyelesaikan tugas sekolah, bekerja, atau tugas dalam kehidupan sehari-hari. Dan adalah alamiah, jika anak lebih kuat dalam bidang tertentu di banding yang lainnya. Berdasarkan para ahli psikolog mengatakan bahwa orang dewasa dapat mempergunakan pengetahuan mereka tentang gaya pembelajaran anak untuk membantu anak-anak suksek di sekolah. Berikut beberapa contoh kasus yang ditemukan :

Malcolm, 8, sudah menuliskan ejaan kata-kata ketika menulis kalimat. Gurunya tahu, Malcolm sudah mengingat banyak. Lalu menyuruh Malcolm untuk tidak mencemaskan ucapan ketika menulis. Sehari sesudah penugasan, ia mengembalikan kertas tugas sehingga Malcolm bisa konsentrasi untuk mengoreksi kesalahan ejaannya.

Di kelas 6, Sue sudah mengikuti pelajaran bahasa. Spesialis bahasa disekolahnya menyarankan menuliskan hal-hal yang membingungkannya. Lalu dia bisa mengajukan pertanyaannya kepada gurunya. Menyadari bahwa dia bermasalah dengan bahasa, tapi dia bisa mengatasinya dengan bantuan orang-orang dewasa di sekitarnya, Sue akhirnya mempunyai rasa percaya diri dan self-esteem tinggi.

Bertram yang perilakunya janggal dan aneh membuatnya tidak disukai teman-temannya. Tapi pelatih sepak bola sekolahnya tahu, Bertram sebenarnya jago matematika dan komputer. Karena itu, ia lalu minta Bertram menjadi petugas statistik di timnya. Segera sesudah itu, anak-anak akan berkumpul didekatnya untuk mengetahui catatan terakhir. Dan Bertram jadi bersemangat ke sekolah dan rasa percaya dirinya kembali bangkit.

Dengan mengetahui keunikan masing-masing anak, kita bisa membantu mereka menjadi hebat di bidangnya.


No comments: